Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Muara Enim Imbau Jajaran Perkuat Pengawasan Jelang Penetapan DPS-HP

Foto

Menjelang pleno rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP), Bawaslu Kabupaten Muara Enim menginstruksikan jajaran pengawas untuk terus mengawal proses yang sedang berlangsung di wilayah masing-masing. Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim, Zainudin, SP., M.Si melalui Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipatif Masyarakat, dan Humas, Ahyaudin, SE menegaskan pentingnya memastikan bahwa perbaikan data pemilih telah dilakukan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu.

Ahyaudin menekankan bahwa jajaran pengawas harus memastikan bahwa seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih tercantum dalam DPS-HP, dan mereka yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) telah dihapus dari daftar. “Kawal terus proses yang berlangsung untuk memastikan bahwa semua masyarakat yang berhak telah terdaftar, dan yang TMS sudah dihapus," ujar Ahyaudin, Minggu 8 September 2024.

Foto

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Muara Enim juga telah membuka Posko Kawal Hak Pilih sebagai wadah bagi masyarakat untuk turut mengawasi tahapan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih.

Ahyaudin berharap bahwa dengan pengawasan yang maksimal dari Bawaslu dan partisipasi masyarakat dalam proses pengawasan, tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih dapat berjalan sesuai harapan. Pada akhirnya, tujuan penetapan Daftar Pemilih Tetap yang akurat dapat tercapai. Ia menegaskan, “Kami akan memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai prosedur yang benar, data yang akurat, dan hak pilih masyarakat terjamin.” Pleno DPS-HP tingkat desa telah dilaksanakan pada 5-7 September 2024, sementara pleno tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada 9-11 September, dan di tingkat kabupaten pada 14-21 September mendatang.

Penulis: Bawaslu Kabupaten Muara Enim

Editor: Bawaslu Kabupaten Muara Enim